Senin, 27 Juli 2009

Festival Film Anak (FFA) 2009

Festival Film Anak (FFA) merupakan acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) bekerjasama dengan komunitas film indie di Sumatera Utara (SFD, MSM, KOFI '52, Kensington dan IMMC) dalam rangka mengadu bakat anak dan remaja (10-19 tahun) dalam sinematografi dan produksi film-film pendek (fiksi dan dokumenter). Seru nih buat kalian yang mau jadi sutradara dan pemain film.

Festival ini udah dimulai sejak tahun 2008 dengan diadakannya FFA 2008. Katanya acaranya sukses lho adik-adik. Makanya acara ini akan diadakan lagi tahun ini. Festival Film Anak (FFA) ini merupakan festival film anak yang pertama di Indonesia.

Melalui acara ini, komunitas Film Indie Sumatera Utara telah memberikan dorongan bagi anak-anak Indonesia untuk meningkatkan partisipasi dalam pembangunan super tim anak-anak kreatif, partisipatif dan koperatif. Dalam tiga tahun pertama Festival ini masih memberikan kelonggaran bagi peserta yang masih melibatkan orang-orang dewasa dalam rangka melatih dan mendampingi anak-anak selama masa produksi. Jadi, sekarang ini hitungannya masih komposisi 80% anak-anak dan 20% dewasa. Jadi kalian gak usah kuatir takut enggak bisa, solanya kalian bisa minta bantuan kakak atau orang tua kalian dalam proses pembuatan filmnya.

Dalam festival ini kalian juga bisa belajar tentang film lho. Selain menyelenggarakan festival, rangkaian kegiatan di FFA juga ada menyelenggarakan workshop, pendampingan produksi dan malam penganugerahan. Melalui workshop, anak diperkenalkan dan dilatih untuk menggunakan peralatan produksi film mulai dari penyusunan naskah, pembuatan story board, casting, penggunaan handycam sampai camcorder yang standar broadcast (camera 3ccd); sedangkan pendampingan dan pemantauan produksi dilakukan untuk memastikan orisinalitas dan kemungkinan kendala yang dihadapi anak-anak dalam berkreasi.

Nah adik-adik... gimana? Inilah saatnya kalian untuk mengisi liburan dengan hal-hal yang bermanfaat sekaligus kreatif. Siapa tau film yang kalian bikin bisa jadi salah satu pemenang dalam festival yang pendaftarannya masih akan dibuka hingga 17 Agustus 2009 mendatang. Ayo adik-adik... tunjukan bakat dan kreatifitas kalian!!

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and 2009 Bridal Dresses.